Selasa, 22 Juni 2010

Mendidik Anak di Tengah Kesibukan Orang Tua

Mendidik Anak di Tengah Kesibukan Orang Tua

Dengan tuntutan hidup yang besar di kalangan masyarakat memaksa banyak pasangan suami dan istri untuk bekerja di luar rumah. Si anak tinggal bersama orang tua atau diasuh oleh pembantu.

Walaupun mereka sama-sama sibuk bekerja, orang tua tetap harus bertanggungjawab atas pendidikan anak mereka. Sedikit saja orang tua lengah dalam mendidik serta mengawasinya, si anak mungkin terpengaruh oleh banyak faktor eksternal yang dapat berdampak negatif seperti dari televisi, teman mereka bermain dan juga lingkungan sekitar.

Berikut beberapa hal yang bisa orang Tua lakukan di tengah kesibukannya: 
Sebanyak mungkin luangkan waktu bermain. Sebanyak apapun beban dari pekerjaan kantor, sebaiknya orang tua dapat meluangkan sebagian waktu untuk sekedar bermain atau menanyakan kegiatan anak hari ini. Kehangatan dan keakraban akan terus terjalin dalam interaksi antara orang tua dan anak akan menumbuhkan rasa nyaman di hati si kecil.

Selalu menjadi pendengar yang baik. Anak yang aktif selalu senang berbagi cerita yang baru dialaminya. Sebaliknya, dia juga senang mendengarkan apa saja yang diceritakan oleh Orang tuanya. Jadilah pendengar yang baik dan apresiasikan setiap kisah yang ia ceritakan dengan penuh perhatian.

Jangan lupa melakukan pengawasan. Anak akan merasa nyaman bila mengetahui orang tua memberi perhatian penuh kepadanya. Tanyakan aktifitas apa saja yang dia lakukan sepanjang hari. Bila ada yang kurang baik, beri pengarahan dengan cara persuasif dan menyenangkan.

Pemberian hadiah dan hukuman. Hadiah berarti apa saja yang disenangi oleh si kecil sepanjang itu baik dan tidak membahayakan, termasuk pujian, senyum dan tepuk tangan. Sedangkan hukuman jangan diartikan sebagai bentakan, amarah, apalagi pukulan fisik. Berdiam diri dengan memasang muka masam ke anak sudah cukup menjadi peringatan baginya bahwa apa yang baru ia lakukan salah dan tidak berkenan di hati Bunda. Biasakan memberi hadiah dan hukuman secara proporsional agar si kecil selalu termotivasi untuk berbuat baik dan belajar dari kesalahan.

Jangan sering mengganti pembantu. Pembantu atau baby sitter memegang peranan penting saat orang tua absen dari rumah. Selain berfungsi menjaga dan melayani kebutuhan anak, pembantu juga berperan dalam meningkatkan kemampuan sosial anak. Bila anak sudah akrab dengan satu orang pertahankan selama mungkin, dan upayakan untuk tidak terlalu sering mengganti pembantu.

957KGWXFXHM8
Mendidik Anak di Tengah Kesibukan Orang Tua